Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Add to Technorati Favorites

Masukan Email Anda Untuk Berlanggan Update Berita Terbaru

Delivered by FeedBurner

Komentar Terbaru

Powered by Blogger.

ShoutMix chat widget
"Wellcome" to Indobatt-community
My Profil
Nama:Lutfieadi
Satuan:Korpaskhas
TNI-AU
Email:
Cakrageneration
@yahoo.com
Thank's For
All My Best
Friend's
GARUDA XXIII/B
UNIFIL 08-09
Salju abadi
Lebanon
Thank's of all
GOOD LUCK

Join My Community at MyBloglog!
Friday 7 November 2008

USAI ANGKAT TRAKTOR DENGAN PANSER, KONGA XXIII-B TEMUKAN MORTIR


Kedekatan masyarakat Lebanon dengan personel Kontingen Garuda (Konga) XXIII-B kembali terbukti. Kali ini giliran Samir Khawsan, 37 tahun, warga desa Ett-taibe yang meminta pertolongan pada prajurit Garuda karena traktor miliknya terperosok. Tidak tanggung-tanggung, menanggapi permintaan itu Kapten (Mar) Fredy Ardiansyah, Komandan Kompi Mekanis-C, langsung mengerahkan dua panser guna proses pengangkatan kendaraan naas tersebut.

Kejadian berawal saat Samir mengendarai traktor untuk menarik gerobag dengan muatan kayu dari desa Ett-Taibe menuju ke arah Der Siriane, Lebanon Selatan. Di tengah perjalanan, saat melewati medan tanjakan, gerobak oleng ke kanan. Dengan sekuat tenaga, Samir berusaha menyeimbangkan kendaraannya namun karena membawa muatan yang cukup berat dan tidak merata susunannya, akhirnya gerobag masuk ke bahu kanan jalan sampai kemudian benar-benar terperosok. Uniknya, sesaat setelah kejadian naas itu, Samir malah melapor ke Pos Konga XXIII-B. Padahal, Pos tentara Lebanon juga tidak terlalu jauh jaraknya, hanya terpaut kira-kira 300 meter dari Pos TNI. Apa alasannya? “Tentara Indobatt (Indonesia Battalon –red) lebih tulus bila membantu masyarakat Lebanon...sangat bersahabat”, demikian Samir menjawab dalam bahasa Inggris yang patah-patah.

Dalam waktu tidak lebih lama dari 20 menit setelah sampai di tempat kejadian, personel Konga XXIII-B berhasil mengangkat kendaraan yang terperosok kembali ke posisi normal di jalan utama. Menurut Lettu (Mar) Imam Supriyanto, Komandan Tim yang memimpin proses pengangkatan traktor itu, penggunaan panser jenis BTR ini berdasarkan petunjuk langsung dari Dansatgas Konga XXIII-B Letkol Inf A M Putranto, S.Sos mengingat medan yang dihadapi cukup mendaki dan agak licin karena malam sebelumnya baru saja diguyur hujan. Sehingga bila menggunakan kendaraan biasa, dikhawatirkan justru akan membahayakan proses pengangkatan itu sendiri.

Selanjutnya sebagai bukti lain kedekatan masyarakat dengan Konga XXIII-B, pada esok harinya (26/12) ada lagi warga lain bernama Ali, 26 tahun, dari desa Nabatiye melapor ke pos yang sama, yaitu Pos Kompi Mekanis-C di UN Posn 9-2 Az-Ziqqiyah, Lebanon Selatan. Kali ini Ali melaporkan tentang penemuan benda yang dicurigai sebagai UXO (unexploded ordnance). Berdasarkan laporan Ali, Danki Mekanis-C segera mengorganisir 1 tim dibawah pimpinan Lettu (Mar) Tantahara untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Dipandu oleh Ali, yang sehari-harinya bekerja sebagai penggembala domba, akhirnya tim tiba di lokasi dan berhasil menemukan UXO dari jenis yang mematikan, yaitu 3 buah munisi Mortir Tipe MO-81 dan 1 buah Mortir Tipe MO-60 serta 1 buah tidak diketahui tipenya, namun diduga merupakan proyektil roket. Sesuai SOP yang berlaku, tim segera mendokumentasikan penemuan itu, memberi tanda “Danger Mines” dan melaporkan kepada Danki pada saat kembalinya. Berikutnya, secara hierarkis laporan penemuan itu akan diteruskan kepada Komando Pasukan yang lebih tinggi guna diambil langkah-langkah lebih lanjut.

Sesuai Resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1701, kontingen yang berada di bawah bendera UNIFIL (United Nations Interim Force in Libanon), termasuk Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-B, selain bertugas pokok menjaga dan memelihara perdamaian secara permanen serta menekan terjadinya kembali konflik antara Israel dengan milisi Hizbullah, juga bertugas melindungi dan memberikan bantuan kemanusiaan (humanitarian assistance) kepada masyarakat Lebanon Selatan.

0 comments:

Post a Comment