Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Add to Technorati Favorites

Masukan Email Anda Untuk Berlanggan Update Berita Terbaru

Delivered by FeedBurner

Komentar Terbaru

Powered by Blogger.

ShoutMix chat widget
"Wellcome" to Indobatt-community
My Profil
Nama:Lutfieadi
Satuan:Korpaskhas
TNI-AU
Email:
Cakrageneration
@yahoo.com
Thank's For
All My Best
Friend's
GARUDA XXIII/B
UNIFIL 08-09
Salju abadi
Lebanon
Thank's of all
GOOD LUCK

Join My Community at MyBloglog!
Friday 7 November 2008

KOMANDAN SEKTOR TIMUR UNIFIL KAGUM DENGAN PRESTASI INDOBATT


Setelah hampir 2 bulan menjabat sebagai Sector East Commander (Komandan Sektor Timur) UNIFIL, Brigadir Jenderal Garchia Sanchez dari Spanyol akhirnya berkesempatan mengunjungi Markas Yon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII B di UN Posn 7-1 Adshit Al Qusayr.

Kunjungan Komandan Sektor Timur ini diterima langsung oleh Dansatgas Konga XXIII B Letkol Inf A M Putranto, S.Sos. Brigjen Garcia Sanchez didampingi oleh Deputy Seceast Commander Kolonel Inf Haryoko, Seceast Planning Staff Officer Mayor Malero dan ADC Seceast Commander Kapten Jimenez. Beliau beserta rombongan langsung menerima paparan dari Dansatgas selama 30 menit. Materi paparan meliputi tugas pokok Konga XXIII B (Indobatt), misi, situasi umum daerah operasi dan peristiwa-peristiwa menonjol yang terjadi, penempatan pasukan serta hot spots di wilayah Indobatt. Di akhir paparan, disampaikan pula prestasi-prestasi gemilang yang telah diraih antara lain Juara Volley ball baik tingkat Sektor Timur maupun tingkat UNIFIL, Juara Menembak, Lari dan sebagainya. Selain itu, disampaikan pula keberhasilan Indobatt dalam mendukung tugas pokok yaitu penemuan UXO, terciptanya stabilitas di wilayah operasi Indobatt dan kegiatan-kegiatan CIMIC seperti smart car, medical assistance, renovasi fasilitas umum dan sosial, pemberian bantuan generator, penyelenggaraan kursus dan sebagainya.

Selesai mengikuti paparan, Beliau bersama dengan Dansatgas berangkat menuju ke Base Camp Kompi dalam rangka peninjauan keliling, diantaranya Kompi A yang berada di El Aedeisse, Kompi B di Sheikh Abbad Tomb (Markabe) dan Kompi C di Az Ziqqiyah. Dalam kunjungannya ke kompi-kompi tersebut, Brigjen Sanchez banyak bertanya tentang kondisi kendaraan tempur (ranpur) dan alat komunikasi yang ada kepada para Komandan Kompi. Kemudian di akhir tatap muka dengan para Danki, beliau selalu memberikan penekanan agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan, khususnya di wilayah Blue Line dan sekitar Sungai Litani yang merupakan hot spots di wilayah operasi Indobatt di mana wilayah tersebut sangat potensial bagi pihak Armed Elements (AE) untuk melakukan kegiatan provokasi yang dapat membahayakan terhadap stabilitas keamanan wilayah.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, beliau menyempatkan untuk melihat secara dekat makam yang berada dekat dengan Base Camp Kompi B. Makam ini cukup terkenal karena selain berbatasan langsung dengan Israel yang menjadikannya salah satu Hot Spot di wilayah operasi UNIFIL, juga karena bentuk makamnya yang terbagi dua secara harfiah, yaitu separuh makam masuk wilayah Israel (diakui sebagai makam Rabbi Ashi, pendeta Yahudi) dan separuh lainnya masuk wilayah Libanon (diakui sebagai makam Sheikh Abbad, tokoh agama Islam). Sebagai penutup rangkaian kunjungan, dilaksanakan tukar menukar cenderamata. Dalam kesempatan ini Dansatgas memberikan souvenir sebuah miniatur Kapal Phinisi dan dasi batik yang merupakan hasil karya bangsa Indonesia. Tentu saja hal ini makin melengkapi kepuasan Brigjen Garcia Sanchez selama kunjungannya ke Konga XXIII B. Terbukti dalam kesan tertulisnya, Beliau menyatakan kekaguman atas prestasi yang telah ditunjukkan Prajurit Konga XXIII B, ”It’s a great honor to visit again the Indobatt, I’m very proud of heaving these excellent soldiers in my Sector. I wish the best for you”.

Kontingen Garuda XXIII B (Indobatt) adalah merupakan salah satu batalyon yang bertugas dalam misi PBB di wilayah Lebanon Selatan sesuai Resolusi DK PBB NO. 1701 yang operasionalnya berada di bawah Komando Sektor Timur UNIFIL. Selain Indobatt, juga terdapat kontingen dari negara lain seperti Indbatt (India), Nepbatt (Nepal), Malcon (Malaysia) dan Spanbatt (Spanyol). Terhitung dari saat dikeluarkan Resolusi tersebut, sudah beberapa kali terjadi pergantian Komandan Sektor Timur. Bagi Brigjen Garcia Sanchez sendiri, ini merupakan penugasannya yang kedua kalinya di Lebanon Selatan setelah pada akhir tahun 2006 pernah ditugaskan pada jabatan yang sama. Pertemuannya kembali dengan pasukan Indonesia menjadikannya semacam nostalgia karena pada saat bekerja sama dengan kontingen terdahulu, Beliau mempunyai kesan yang baik dan cukup mendalam.

1 comments:

L. Pralangga said...

Selamat buat Indobatt 23C yang sedianya akan purna tugas dalam waktu dekat ini - semoga pengalaman tugas pada misi PBB ini bisa jadi bekal peningkatan karir dan profesionalisme diri dan terhadap jajaran personil TNI di kesatuan masing-masing.

Salam hangat dari kita-kita di UNMIL - Liberia, situs Indonesian peackeeepers bisa ditengok pada alamat URL--> http://pralangga.org/articles

Post a Comment