Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Add to Technorati Favorites

Masukan Email Anda Untuk Berlanggan Update Berita Terbaru

Delivered by FeedBurner

Komentar Terbaru

Powered by Blogger.

ShoutMix chat widget
"Wellcome" to Indobatt-community
My Profil
Nama:Lutfieadi
Satuan:Korpaskhas
TNI-AU
Email:
Cakrageneration
@yahoo.com
Thank's For
All My Best
Friend's
GARUDA XXIII/B
UNIFIL 08-09
Salju abadi
Lebanon
Thank's of all
GOOD LUCK

Join My Community at MyBloglog!
Friday 7 November 2008

SILAHTURAHMI TOKOH MASYARAKAT LEBANON SELATAN DENGAN PASUKAN UNIFIL


Kontingen Garuda (Konga) XXIII-B memfasilitasi acara pertemuan sekaligus silahturahmi antara Mayor (Kepala Wilayah) dan Moukhtar (Tokoh Agama) yang berada di Area Operasi Indobatt (Indonesian Battalion) dengan para pejabat Komando Sektor Timur UNIFIL, khususnya Komandan Sektor Timur Brigjen Juan Batistuta Garcia Sanchez dari Spanyol dan Deputy Seceast Commander Kolonel Inf Haryoko S. dari Indonesia di Markas Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII B UN Posn 7-1 Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan diri Brigjen Sanchez dan Kolonel Haryoko S. selaku pejabat baru sekaligus untuk memperkuat kerjasama, saling pengertian dan koordinasi antara pasukan UNIFIL yang berada di Sektor Timur dengan masyarakat setempat. Selain itu, pertemuan tersebut dimaksudkan dalam rangka mencari masukan dari masyarakat Lebanon Selatan terkait kegiatan pasukan UNIFIL selama ini.

Di samping ke-2 Petinggi tersebut, turut hadir Staf Sipil Daljat Bagga selaku Civil Affair Staff dan Perwira Staf dari Komando Sektor Timur yang membidangi masalah Cimic (Civil Military Cooperation) serta para perwira Satgas Konga XXIII B, termasuk Dansatgas Letkol Inf A M. Putranto, S.Sos dan Wadansatgas Letkol Mar Ipung Purwadi.

Acara yang sempat mundur 15 menit dari jadwal karena menunggu kedatangan Dansektor yang menggunakan helikopter akhirnya dimulai pada pukul 11.15 waktu setempat. Agenda pertemuan diawali dengan presentasi dokumentasi video pelaksanaan kegiatan Cimic yang dilaksanakan Kontingen Indonesia selama ini. Selanjutnya berturut-turut kata sambutan oleh Dansatgas Letkol Inf A M. Putranto, S.Sos selaku tuan rumah, selanjutnya Brigjen Garchia Sanchez memberikan sambutan tentang keberadaan UNIFIL di Sektor Timur dan pelaksanaan tugas-tugasnya terkait Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 1701 dan terakhir Mr. Daljet Bagga memaparkan kegiatan Cimic yang sudah berjalan, termasuk proyek-proyek yang akan dilaksanakan pada masa yang akan datang.

Seusai kata sambutan, diberikan sesi tanya jawab kepada tokoh masyarakat Lebanon Selatan yang hadir. Tidak diduga, kesempatan ini digunakan oleh para Tokoh Masyarakat untuk mengungkapkan menyampaikan “uneg-uneg” masyarakat Lebanon Selatan terhadap kegiatan patroli kontingen negara tertentu di wilayah mereka. Diantaranya ialah Osama Rammal, Mayor (kepala wilayah) di El Aaddeise. Dia mengatakan bahwa penduduk setempat memprotes kecepatan kendaraan patroli yang melampaui batas saat melewati wilayah mereka. Mereka juga meminta agar patroli UNIFIL menghormati privasi masyarakat Lebanon Selatan selaku tuan rumah. Di sisi lain, dia meminta agar kontingen negara lain meniru pelaksanaan kegiatan dan cara patroli yang dilaksanakan oleh pasukan Indonesia yang menurut mereka santun dan menghormati tata krama yang berlaku di masyarakat.

Lain lagi pernyataan Abbas Ali Diyab, Mayor di Et Taibe. Dia meminta agar UNIFIL menerapkan Resolusi DK PBB No. 1701 secara fair tidak hanya kepada Lebanon saja, tapi juga kepada pihak Israel. Menurutnya, selama ini pelanggaran udara oleh pesawat tempur Israel tidak pernah ditindak tegas oleh UNIFIL. Belum lagi masih ada beberapa wilayah Lebanon yang masih diduduki oleh Israel yang sampai saat ini belum juga diserahkan kembali.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan secara gamblang oleh para tokoh masyarakat Lebanon Selatan ini, Brigjen Garcia Sanchez secara diplomatis menjawab bahwa semua masukan tersebut akan segera ditindaklanjuti dan dibahas pada level yang lebih tinggi. Sayangnya, Jenderal Spanyol ini tidak dapat berlama-lama pada acara sesi tanya jawab karena harus menghadiri rapat dengan Kepala Staf UNIFIL di Markas Komando Sektor Timur Marjayoun sehingga acara tanya jawab pun berakhir saat itu juga. Kegiatan kemudian dilanjutkan foto bersama dengan seluruh tokoh masyarakat yang hadir beserta Perwira dan Staf Sipil Komando Sektor Timur UNIFIL, termasuk para perwira Satgas Konga XXIII B. Menutup acara pertemuan, dilakukan acara santap siang bersama dengan menu khas Indonesia.

Sejak awal kedatangan Kontingen Garuda XXIII B pada Nopember tahun lalu, setiap Tokoh Masyarakat sudah dikunjungi secara pribadi oleh Dansatgas. Dalam setiap kunjungannya, selain memperkenalkan keberadaan pasukan Indonesia, Dansatgas juga senantiasa menggali informasi tentang sikap dan kondisi sosial psikologis penduduk Lebanon Selatan. Pendekatan ini ternyata sangat efektif. Terbukti dari respon yang positif yang diperlihatkan terhadap keberadaan kontingen Indonesia oleh masyarakat Lebanon Selatan. Bukti nyatanya ialah kehadiran para tokoh masyarakat pada acara silahturahmi ini. Walaupun pada waktu bersamaan di Lebanon sedang berlangsung pemilihan presiden yang sudah tertunda belasan kali dari pertengahan tahun 2007 dimana hal ini merupakan kerawanan sendiri sebab bila terjadi dead lock dapat memicu konflik baru yang berujung pada pertikaian bersenjata antar faksi di Lebanon, namun ternyata para Tokoh Masyarakat lebih memilih untuk menghadiri acara pertemuan di Markas Kontingen Indonesia “Soekarno Base”. Tercatat jumlah Tokoh Masyarakat yang hadir di “Soekarno Base” mencapai hampir 100% dari yang diundang. Dari fakta ini, tidak berlebihan bila disimpulkan bahwa Kontingen Indonesia merupakan satu-satunya kontingen di Sektor Timur yang mendapat penerimaan secara bulat dari Tokoh Masyarakat yang berada di Area Operasinya.

Sebagai wujud apresiasi terhadap keberhasilan acara silahturahmi ini, secara khusus Komandan Sektor Timur Brigjen G. Sanchez menuliskan surat penghargaan kepada Komandan Satgas Konga XXIII B Letkol Inf A M Putranto, S.Sos yang kutipan isinya sebagai berikut : “...Today I have had privilege to share a great time with Indobatt soldiers and local authorities of your AOR (Area Of Responsibilty – red). Your soldiers have been able to create a very kind atmosphere and show all the attendees how UNIFIL can help them. You have a brilliant organization and presentation. I am very proud of your work. I would like to congratulate you and all members of Indobatt, excellent work !...”

0 comments:

Post a Comment