Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Add to Technorati Favorites

Masukan Email Anda Untuk Berlanggan Update Berita Terbaru

Delivered by FeedBurner

Komentar Terbaru

Powered by Blogger.

ShoutMix chat widget
"Wellcome" to Indobatt-community
My Profil
Nama:Lutfieadi
Satuan:Korpaskhas
TNI-AU
Email:
Cakrageneration
@yahoo.com
Thank's For
All My Best
Friend's
GARUDA XXIII/B
UNIFIL 08-09
Salju abadi
Lebanon
Thank's of all
GOOD LUCK

Join My Community at MyBloglog!
Friday 7 November 2008

SERTIFIKAT KOMPUTER DARI PASUKAN GARUDA XXIII B UNTUK ANAK KORBAN PERANG LEBANON


Menghapus trauma akibat perang bagi anak-anak dan remaja di Lebanon bukanlah perkara mudah. Menyadari kenyataan ini, segala daya dikerahkan oleh anggota pasukan perdamaian PBB Kontingen Garuda (Konga) XXIII B agar anak-anak dan remaja yang berada di wilayah operasinya terbebas dari trauma yang menghantui mereka. Salah satu caranya ialah melalui penyelenggaraan Kursus Komputer tingkat dasar yang telah dimulai sejak 5 bulan lalu di Pusat Rehabilitasi “Khiam” di wilayah Deir Sirriane dan ditutup beberapa hari lalu yang ditandai dengan penyerahan sertifikat bagi peserta kursus yang telah memenuhi kualifikasi yang ditentukan.

Bertempat di halaman depan Municipality (kantor pemerintah lokal) Deir Sirriane Lebanon Selatan, sebanyak 25 orang anak dan remaja yang telah mengenyam kursus komputer dengan materi office word dan office excel mengikuti acara penyerahan sertifikat tersebut, bersama dengan sekitar 120-an tamu undangan yang sebagian besar merupakan orang tua maupun kerabat serta warga di mana anak-anak itu berdomisili. Selain itu, hadir juga Perwira Staf Cimic (Civil Military Cooperation) Komando Sektor Timur UNIFIL Mayor Ferera dan Kapten Aguado dari Spanyol serta pengurus lembaga Pusat Rehabilitasi “Khiam”.

Lagu Kebangsaan ke-3 negara yaitu Lebanon, Spanyol dan Indonesia berkumandang sebagai penanda dimulainya acara ini. Selanjutnya pemberian sambutan dari Dansatgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII B Letkol Inf A M Putranto, S.Sos selaku Pemrakarsa dan Penanggung jawab pelaksanaan kegiatan Kursus Komputer tersebut. Sambutan berikutnya diberikan oleh Mohammad Shifa yang merupakan Sekretaris Jenderal Pusat Rehabilitasi “Khiam”. Dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa lembaganya merupakan salah satu cabang dari International NGO yang bergerak dalam bidang pemulihan atau rehabilitasi bagi korban kekerasan perang. Oleh karena itu, Ia berterima kasih atas upaya dan bantuan dari Kontingen Indonesia yang telah menyelenggarakan Kursus Komputer karena hal ini sedikit banyak akan menolong masyarakat Lebanon, khususnya anak-anak dan remaja agar dapat melupakan kekerasan perang yang pernah dialaminya di masa silam. Ia juga memuji ketulusan prajurit Indonesia yang dengan ringan tangan memberikan bantuan kemanusiaan berupa pelayanan kesehatan dan latihan P3K bagi masyarakat Deir Sirriane.

Seusai pemberian sambutan, prajurit-prajurit Garuda XXIII B dari Kompi Mekanis “C” menampilkan hiburan berupa tarian tradisional Indonesia yaitu Tari Saman dari Aceh. Gerakan-gerakan yang kompak, serempak, bersemangat dan dinamis dari para prajurit ini tak alang mengundang applaus meriah dari para hadirin. Mereka tidak menyangka, para prajurit Indonesia yang setiap harinya bergelut dengan senjata dan kendaraan tempur ternyata mampu membawakan suatu tarian tradisional dengan begitu apik.

Acara dilanjutkan pada acara pokok yaitu penyerahan sertifikat bagi peserta kursus yang telah lulus dan memenuhi kualifikasi. Namun sebelumnya, 2 orang perwakilan peserta kursus didaulat oleh panitia untuk melakukan unjuk keterampilan sebagai bukti bahwa mereka memang benar-benar layak dan mampu mengoperasikan komputer. Kali ini yang terpilih tampil ialah Ridho (11 tahun) dan Fatima (17 tahun). Dua orang anak ini diberikan persoalan yang berbeda dan harus menyelesaikannya dalam waktu maksimal 5 menit. Kontan, suasana pun menjadi riuh rendah

karena teriakan dan tepuk tangan dukungan dari anak-anak dan remaja yang hadir. Mereka begitu antusias menyemangati Ridho dan Fatima agar mampu menyelesaikan persoalan tersebut secepat-cepatnya. Tak sia-sia, rupanya dukungan itu mampu memotivasi Ridho sehingga mampu menyelesaikannya dalam waktu 3 menit saja sedangkan Fatima, karena sedikit gugup, menyelesaikan persoalannya dalam waktu 5 menit lebih sedikit.

Pada acara pokok, satu per satu peserta Kursus Komputer dipanggil ke depan seperti layaknya pembagian ijazah di sekolah. Dari raut wajah mereka, terpancar keceriaan, kegembiraan dan kebanggaan saat menerima sertifikat yang diberikan Dansatgas Konga XXIII B yang didampingi oleh Mayor Ferera dan Mohammad Shafa. Tak henti-hentinya mereka memandangi sertifikat yang baru saja mereka terima. Tak urung, kejadian ini mengundang rasa haru dari Tim Pengajar yaitu Kapten (Tituler) Deny Lesmana S.S, M.Si, Lettu Inf Risa Setyawan dan Lettu (Mar) Suherman. Seusai acara pembagian sertifikat, mereka pun berfoto bersama sambil menunjukkan sertifikat masing-masing.

Saat dimintai komentarnya terhadap acara ini, dengan ceria Ridho berujar, “Nahnu athfâl Deir Sirriane nasy’uru bissurûr bi hâdzihil haflah li taqdimi ssyahâdah. Nasy’kuru Indobatt ‘alâ ta’lîm komputer lanâ...” (Anak-anak di Deir Sirriane senang dengan acara pemberian ijazah ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada Indobatt yang telah mengajarkan komputer kepada kami...).

Acara penyerahan Sertifikat ini diprakarsai dan dilaksanakan sepenuhnya oleh prajurit Kontingen Garuda XXIII-B, khususnya dari Kompi Mekanis “C” di bawah kendali Mayor Inf Fauzi (Kepala Seksi Cimic/ Civil Military Cooperation) dibantu oleh Lettu Inf Risa Wahyu (Pasi Cimic) dan Kapten (Mar) Fredy Ardiansyah (Danki Mekanis “C”). Rangkaian acara ditutup dengan makan siang bersama dilanjutkan dengan penyerahan Tali Kasih kepada para asisten Tim Pengajar yaitu Ali Karim (16 tahun), Sarah Karim (17 tahun), Fatima Sa’ad (17 tahun) dan Nur (18 tahun) berupa kamera saku digital oleh Dansatgas Konga XXIII-B.

0 comments:

Post a Comment