Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Add to Technorati Favorites

Masukan Email Anda Untuk Berlanggan Update Berita Terbaru

Delivered by FeedBurner

Komentar Terbaru

Powered by Blogger.

ShoutMix chat widget
"Wellcome" to Indobatt-community
My Profil
Nama:Lutfieadi
Satuan:Korpaskhas
TNI-AU
Email:
Cakrageneration
@yahoo.com
Thank's For
All My Best
Friend's
GARUDA XXIII/B
UNIFIL 08-09
Salju abadi
Lebanon
Thank's of all
GOOD LUCK

Join My Community at MyBloglog!
Friday 7 November 2008

KONGA XXIII B DAN KONTINGEN SPANYOL SEDIAKAN FASILITAS BERMAIN ANAK

Dunia anak ialah dunia yang penuh dengan keceriaan dan permainan yang menyenangkan. Hal ini merupakan suatu adagium yang berlaku bagi setiap anak di mana saja. Bahkan di daerah konflik seperti di Lebanon sekali pun, hari-hari mereka senantiasa disibukkan dengan aktivitas bermain. Namun keterbatasan fasilitas yang ada membuat mereka seringkali bermain di tempat-tempat yang cukup rawan dan berbahaya seperti di bukit-bukit berbatu, jalan raya, dan terkadang di lahan-lahan yang ditengarai masih terdapat ranjau atau UXO (Unexploded Ordnance).

Berangkat dari fakta tersebut, Satgas Yon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII B/ UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) bekerja sama dengan Kontingen Spanyol dan masyarakat Bani Hayyan di Lebanon Selatan berupaya menyediakan fasilitas bagi anak-anak berupa Taman Bermain Anak. Setelah melalui proses pengerjaan selama beberapa hari, akhirnya Taman tersebut diresmikan penggunaannya oleh Wadan Satgas Letkol (Mar) Ipung Purwadi, mewakili Dansatgas yang berhalangan hadir karena bertepatan dengan acara lainnya.

Hadir dalam acara peresmian tersebut, ialah Mayor Ferrera dan Kapten Aguado mewakili Kontingen Spanyol selaku Donatur proyek Taman Bermain tersebut. Selain itu turut hadir Mohammad Sha’ab, Mayor (setingkat Kepala Wilayah) Bani Hayyan selaku Tokoh Masyarakat setempat dan Mrs. Ewa Turyk selaku Staf Civil Affair Sector East UNIFIL. Dalam sambutannya sebelum acara peresmian, Wadan Satgas menyampaikan bahwa dengan selesainya proyek Taman Bermain ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi anak-anak di Lebanon Selatan, khususnya di wilayah Bani Hayyan. Menurut Wadan Satgas, beberapa manfaat bermain bagi anak-anak yang dapat dipetik adalah melatih syaraf-syaraf motorik, kecerdasan dan ketangkasan otak. Dengan bermain, anak-anak mempunyai kesempatan untuk menyelesaikan kesulitan dengan kemampuan sendiri.

Seusai acara sambutan, Prajurit-prajurit Garuda tampil mengisi acara dengan menampilkan kesenian khas Indonesia yaitu “Tari Manasai” dari daerah Kalimantan. Atraksi ini kontan disambut meriah oleh sekitar 200-an masyarakat Lebanon yang hadir, yang sebagian besar merupakan anak-anak dan remaja. Mereka terpukau melihat penampilan tarian dari negara lain yang selama ini tidak pernah mereka saksikan. Bahkan mereka juga ikut bertepuk tangan mengikuti irama musik pengiring tarian sebagai wujud rasa antusias. Seusai atraksi tarian, tepuk tangan dan teriakan riuh membahana di seluruh penjuru lapangan.

Acara peresmian ini diprakarsai dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Prajurit-Prajurit Konga XXIII-B, khususnya dari Kompi Mekanis B/ Ajax di bawah panduan Kapten Inf Mahbub Junaedi (Komandan Kompi) dan dibantu oleh Lettu Inf Risa Wahyu (Pasi Cimic/ Civil Military Cooperation) serta Kapten Kav Mujahidin (Wakil Komandan Kompi) berdasarkan permintaan dari masyarakat Bani Hayyan sendiri.

Berawal dari pembicaraan Perwira Staf Cimic Konga XXIII B dengan Mohammad Sha’ab pada awal bulan Juli lalu dimana dalam pembicaraan itu Ia berharap dan meminta kesediaan Kontingen Indonesia mengajukan proposal kepada Komando Sektor Timur UNIFIL untuk menyediakan fasilitas bermain untuk anak-anak di wilayah mereka. Menindaklanjuti proposal itu, maka diadakan pendekatan dan lobby kepada Kontingen Spanyol agar bersedia membantu pendanaan proyek tersebut. Tidak dinyana, Kontingen Spanyol menyatakan kesanggupannya untuk membantu karena melihat keseriusan dan keberhasilan Kontingen Indonesia selama ini dalam merangkul masyarakat Lebanon Selatan untuk bersama-sama menciptakan perdamaian dan meminimalisir potensi konflik di wilayah itu.

Seusai acara peresmian, Mohammad Sha’ab berterima kasih dan memuji kreativitas dan terobosan yang dilakukan oleh prajurit-prajurit PBB yang bertugas di Lebanon Selatan. Dengan tulus, Mohammad Sha’ab menyampaikan, “Nahnu nasykuru al katibah al Indunisiyyah wal Isbaniyyah li binā’i hadzihi khadiqatil athfal. Wa mundzul yaum, al athfal fi janubil Lubnan wabil khushushi fi Bani Hayyan yastathi’una an yal’abu fil hadiqoh masrūrin...” (Kami berterima kasih kepada pasukan Indonesia dan Spanyol yang telah membangun Taman Bermain ini. Mulai saat ini, anak-anak di Lebanon Selatan khususnya di Bani Hayyan dapat bermain dengan gembira dan aman..).

Rangkaian acara ditutup dengan penyerahan hadiah bagi anak-anak yang menjadi pemenang lomba menggambar yang dilaksanakan setelah acara pengguntingan pita peresmian Taman Bermain, sekaligus pemberian souvenir berupa boneka beruang ”Teddy Indobatt” kepada seluruh anak dan remaja yang hadir pada acara tersebut.

0 comments:

Post a Comment