Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Add to Technorati Favorites

Masukan Email Anda Untuk Berlanggan Update Berita Terbaru

Delivered by FeedBurner

Komentar Terbaru

Powered by Blogger.

ShoutMix chat widget
"Wellcome" to Indobatt-community
My Profil
Nama:Lutfieadi
Satuan:Korpaskhas
TNI-AU
Email:
Cakrageneration
@yahoo.com
Thank's For
All My Best
Friend's
GARUDA XXIII/B
UNIFIL 08-09
Salju abadi
Lebanon
Thank's of all
GOOD LUCK

Join My Community at MyBloglog!
Friday 7 November 2008

SALJU PERTAMA INDOBATT


Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Setelah hampir 3 bulan berada di Libanon Selatan, prajurit Yon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-B akhirnya dapat melihat dan merasakan sendiri turunnya salju, peristiwa alam yang mungkin hampir mustahil ditemukan di Indonesia.

Tanda-tanda turunnya salju sebenarnya sudah terbaca sehari sebelumnya. Hujan yang lebat disertai angin yang kencang dalam suhu sekitar 10C pada hari Selasa (29/1) sampai dengan Rabu pagi (30/1) menyebabkan terjadinya hujan kerikil es di beberapa wilayah Lebanon Selatan. Pada awalnya, prajurit Garuda menganggap fenomena tersebut sebagai salju. Ternyata bagi masyarakat Lebanon, itu bukanlah salju. Namun, prajurit Garuda tidak perlu berlama-lama menanti sebab tepat pukul 10.00 waktu setempat, butiran-butiran salju mulai berjatuhan bagaikan serat-serat kapas tertiup angin. Kontan peristiwa disambut suka cita oleh seluruh Prajurit Kontingen Indonesia. Mereka mengekspresikan kegembiraan dengan berbagai cara misalnya dengan membuat bola salju, mengukir boneka “The Snowman”, menari-nari dan lain sebagainya. Tidak lupa mereka juga mengabadikannya melalui kamera maupun handy cam masing-masing.

Guna mendapatkan gambaran dan memonitor situasi terkini akibat perubahan cuaca ini, Dansatgas Konga XXIII-B Letkol Inf AM Putranto, S.Sos terjun langsung ke lapangan melakukan patroli keliling ke seluruh wilayah area operasi Indobatt termasuk mengunjungi Base Camp kompi-kompi. Di sepanjang perjalanan salju telah menutupi jalan-jalan, mobil-mobil yang diparkir, rumah dan bangunan lainnya dengan ketebalan rata-rata 20 cm. Kondisi yang sama ditemui Dansatgas di Base Camp Kompi Mekanis-B. Kendaraan tempur panser VAB dan Panhard diselimuti salju yang cukup tebal, termasuk atap kantor dan barak-barak anggota.

Walaupun salju telah turun dan suhu menunjukkan minus tujuh derajat, prajurit Garuda tetap menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dimana Patroli dan Jaga Pos tetap dilakukan. Menggunakan pakaian dan kaos kaki yang berlapis-lapis adalah salah satu cara untuk melawan hawa beku saat melaksanakan tugas-tugas tersebut. Mencermati dan mempertimbangkan kondisi cuaca yang tidak kondusif ini, Dansatgas Konga XXIII-B atas petunjuk Komando Sektor Timur memutuskan agar patroli atau pergerakan yang menggunakan kendaraan untuk sementara waktu dihentikan. Kegiatan difokuskan hanya pada penjagaan dan pengamatan di Pos Statik saja. Patroli berjalan kaki masih diijinkan sekitar Base Camp Kompi, namun apabila cuaca semakin memburuk dimana jarak pandang sama sekali terhalang oleh salju maka patroli ini pun akan dihentikan. Hal ini dilakukan semata-mata demi alasan faktor keamanan dan keselamatan personel dan materiil (kendaraan) karena dipandang amat beresiko tinggi dan membahayakan.

0 comments:

Post a Comment