Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Add to Technorati Favorites

Masukan Email Anda Untuk Berlanggan Update Berita Terbaru

Delivered by FeedBurner

Komentar Terbaru

Powered by Blogger.

ShoutMix chat widget
"Wellcome" to Indobatt-community
My Profil
Nama:Lutfieadi
Satuan:Korpaskhas
TNI-AU
Email:
Cakrageneration
@yahoo.com
Thank's For
All My Best
Friend's
GARUDA XXIII/B
UNIFIL 08-09
Salju abadi
Lebanon
Thank's of all
GOOD LUCK

Join My Community at MyBloglog!
Saturday 22 November 2008

Sosok US Navy Seal

Cerita ketrengginasan sosok yang pernah di perankan oleh Charlie Sheen di film Hollywood Navy Seal(1990), dari sinilah awalnya.
Mulanya pelatihan dibuka untuk semua personel aktif. mulai dari yang berdinas di fleet, service school dan boot camp. Lolos dari serangan pertama, siswa digiring ke tahap pra kondisi dan indoktrinasi total 2 minggu. selanjutnya pemusatan latihan dilakukan di BUD/S, yang terdiri dari 3 fase.

Fase pertama basic conditioning. Dalam pendidikan selama 8 minggu ini, materi utama adalah pembinaan fisik dan mental. seperti lari tiap akhir minggu dengan sepatu boot sejauh empat mil, lari halang rintang, dan renang laut 2 mil. Perahu kecil yang jadi kendaraan air pasukan yang pernah mendapat Men with gree face dalam perang Vietnam ini.

Empat minggu pertama ini baru permulaan. mereka sesungguhnya disiapkan memasuki minggu kelima alias Hell week. Fisik dan mental mereka dibantai, jam tidur tak lebih dari empat jam, apa tjuannya? Hanya membuktikan bahwa manusia mampu melakukan 10 kali lebih banyak pekerjaan dari yang mereka pikirkan. Jika tak sanggup silahkan pukul lonceng. Namun untuk tujuan akhir adalah team work.

Menginjak fase kedua, diving. Fase ini ditempatkan di combat SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) Ada dua tipe scuba : sirkuit terbuka (Compressed air) dan sirkuit tertutup (100 persen oksigen). Pelatihan 7 minggu ini ditujukan untuk memperkenalkan kemampuan pertempuran bawah air (Combat diver) yang jadi andalan SEAL.

Tahapan berakhir pada fase terakhir dengan materi land warface. Materi berkisar pada demolition. reconnaissence serta weapon and tactics. Tekanan fisik semakin berat dan pencapaian minimum ditekankan untuk lari, renang dan halang rintang. Konsentrasi diberikan untuk mempelajari navigasi darat, taktis unit kecil, rappelling, kendaraan militer dan peledakan bawah air, serta latihan pemakaian senjata.
Fase ini ditutup dipulau San Clement, California. Ditempat ini, latihan lebih diarahkan mendekati kenyataan dan kesempatan siswa mempraktekan teori yang sudah diterimanya selama 15 minggu.

Penderitaan belum berakhir bagi siswa. Tiga minggu berikutnya mereka dikirim ke Army Airbone School di Fort Benning, Georgia. Apalagi kalau bukan mendalami dasar-dasar terjun payung militer. Personel yang dinyatakan lulus, meneruskan ke Special Operation Technicians Training di NSCW.
Tak melulu dar der dor, mereka juga diikutkan pelatihan kesehatan khusus selam.Ditotal dengan lain-lainnya, ada 30 minggu pelatihan diberikan kepada calon anggota SEAL.

Setelah diterima dan melewati masa percobaan enam bulan, personel yang diterima dianugerahi SEAL NEC (Naval Enlisted Classification) Code dan lencana Naval Special Warfare. Personel baru ini masih harus melewati 2-3 tahun di SDV (SEAL Delivery Vehicle) atau SEAL Team. tahap selanjutnya mereka masih mengikuti pelatihan tambahan, hingga merampungkan penugasan 5 tahun didarat.

Kursus tingkat lanjut bisa berupa sniper, supervisor selam, latihan bahasa, dan komunikasi taktis SEAL. Dengan tugas berat menghadang dimata, betulkah mereka mendapat tunjangan yang menggiurkan ? silahkan hitung sendiri tunjangan yang mereka terima perbulan : tunjangan selam $175, tunjangan SDV $200, tunjangan HALO $165, dan tunjangan tugas khusus $110 total mereka terima diluar gaji $650

3 comments:

Anonymous said...

KEHABATAN..??? Navy Seal...ttp aja diperang korea sama vietnam cuman jadi bualan2...saya yakin kopaska indonesia jauh lebih baik dari pada mereka cmn peralatan dan persenjataannya saja yg tertinggal.....

Anonymous said...

Kopaska dan Kopassus lebih mumpuni di medan tempur,latgab TNI-US tentara kita lebih unggul

home computer jaya sari guna 151 said...

USA kan belom tau pasukan khusus siluman dari Indonesia....kalau dah tau USA aka berpikir ulang 100 x bahkan 1000 x

Post a Comment